h1

Taman Kesatuan Bangsa

November 26, 2013

image

Lokasi ini disebut Teater Terbuka Taman Kesatuan Bangsa (TKB) ditengah-tengahnya berdiri patung Dotu Lolong Losut baru dibangun pada awal tahun 1970. Di masa pemerintahan kolonial, lokasi ini adalah sebuah lapangan kecil di sebelah timur dari benteng Amsterdam. Pada tahun 1928 pernah didirikan sebuah tugu peringatan 250 tahun persahabatan Minahasa Belanda yang ditanda tangani 10 Januari 1679. Tugu ini diresmikan pada 10 Januari 1929.

Pada masa pendudukan Jepang tugu tersebut hancur termasuk benteng Amsterdam yang lokasinya tidak jauh dari sini. Tahun 1950 ada usaha dari pemerintah kota menata kembali lapangan kecil ini, dan dibuatkan taman yang diberi nama “Taman Lex Kawilarang” sebagai penghormatan atas jasa seorang pemuda Minahasa yang berjuang yang berjuang di masa revolusi fisik membela Republik Indonesia. Selanjutnya pada masa Permesta taman ini di tata kembali dan di tengah taman ini didirikan sebuah patung “Dotu Lolong Lasut” dan disebut ” Taman Dotu Lolong Lasut” yang dianggap sebagai tokoh historis yang mendirikan kota Manado pada abad ke – 15. Bukti mengenai hal tersebut tidak jauh dari lokasi (sekitar 50 m), terdapat “Waruga” Dotu Lolong Lasut.

Dalam perkembangan kemudian, sejalan dengan perkembangan kota Manado sebagai kota tujuan wisata, maka ini lokasi tersebut disebut Teater Terbuka Taman Kesatuan Bangsa.

(disalin sinopsis prasasti Teater Terbuka Taman Kesatuan Bangsa) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: