h1

Pembayaran Gaji Ke-13 PNS Ditunda

June 14, 2012

Para PNS, TNI/Polri, dan pensiunan terpaksa menunda rasa senangnya. Pencairan gaji ke-13 baru dapat dilakukan Juli-Agustus, karena peraturan menteri terkait hal itu belum selesai. Padahal, sebelumnya Menkeu sudah menjanjikan pencairan Juni ini.

 

Kementerian Keuangan mengharapkan pencairan gaji ke-13 tahun ini untuk PNS, TNI/Polri dapat dicairkan pada Juli atau Agustus 2012. Rencana ini molor dari semula akan dibagikan Juni 2012.

Sekretaris Jenderal Kemenkeu Kiagus Ahmad Badaruddin menyatakan, Menteri Keuangan baru menyelesaikan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terkait pencairan gaji ke-13 oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)

“Sedang kita susun PMK, mungkin sudah jadi karena sudah beberapa hari yang lalu, jadi ada PP lalu ada PMK untuk memerintahkan kepada Kepala KPPN dan kuasa pengguna anggarannya secara teknis ngaturnya bagaimana,” ujar Kiagus Ahmad Badaruddin di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Rabu (13/6).

Dengan demikian, lanjut Badaruddin, diharapkan para PNS, TNI/Polri dapat menikmati bonus tahunannya tersebut pada Juli atau Agustus 2012.

“Kalau gaji bulan Julinya sempat ya boleh, tapi di belakang itu juga boleh. Tapi kita usahakan bulan Juli bisa dibayar karena itu bersamaan waktunya dengan masuk sekolah anak-anak,” ujarnya.

Pemberian gaji ke-13 ini juga bersamaan dengan pemberian pensiun ke-13. “Pensiun juga dapat, Juli-Agustus bisa cair,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Agus Martowardojo di kantornya, Jumat (8/6) lalu mengemukakan, pembayaran gaji ke-13 direncanakan sudah dapat dilakukan pada Juni 2012 ini.

Besarnya gaji ke-13 itu sebesar penghasilan sebulan yang diterima pada Juni 2012.
Hal itu tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2012 yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 28 Mei 2012. Dalam PP itu disebutkan, yang menerima gaji ke-13 adalah PNS, anggota TNI dan Polri, dan pejabat negara serta pensiunan.

Tak hanya PNS dan anggota TNI/Polri, namun presiden dan menteri juga akan mendapatkan gaji ke-13 yang rencananya dibagikan pada bulan ini. “Saya rasa semua dapat, termasuk Presiden dan Menteri,” ujar Agus.

Menurut Agus, pemberian gaji ke-13 untuk presiden dan menteri sama waktunya dengan semua PNS, TNI/Polri. “Sama dikasihnya,” kata Agus.

Presiden SBY telah menandatangani PP 57/2012 pada 28 Mei lalu. PP ini mengatur pemberian tambahan penghasilan berupa gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas pegawai negeri pada Juni ini. Besaran gaji ke-13 yang diberikan adalah sesuai dengan penghasilan satu bulan.

Penghasilan yang dimaksud meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/tunjangan umum, dan tunjangan khusus/tunjangan khusus kinerja/tunjangan kinerja/insentif khusus; bagi penerima pensiun meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan tambahan penghasilan; dan bagi penerima tunjangan hanya menerima tunjangan sesuai peraturan perundang-undangan. d-com

sumber : http://media.hariantabengan.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: