h1

PEMBUATAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

July 10, 2010

A. Latar Belakang
Sesuai dengan amanah Undang-undang Nomor. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, sekolah/kelompok sekolah mengembangkan kurikulum yang akan digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan seluruh kegiatan-kegiatan sekolah agar dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal. Dalam mengembangkan kurikulum dimaksud, diperlukan suatu acuan sebagaimana ditegaskan dalam Pasal 36 ayat (1) bahwa “Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.” Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagai perangkat Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional.
Sejalan dengan itu, Pemerintah juga memberlakukan Peraturan Mendiknas nomor 22, tentang standar isi, nomor 23 tentang standar kompetensi  lulusan, dan nomor 24 tentang pelaksanaan standar isi dan standar komptensi lulusan. Peraturan Mendinas tersebut memberi peran yang luas kepada  daerah dan sekolah dalam mengembangkan dan mengelola kurikulum.
Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan paling pokok dalam keseluruhan proses pendidikan, hal ini mengandung arti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak tergantung kepada bagaimana proses belajar mengajar yang dialami oleh peserta didik.
Pembelajaran  modern,  memandang  bahwa  prembelajaran merupakan  suatu  proses yang  sistematik,artinya,  proses pembelajaran  terdiri  dari  sejumlah  komponen,  yang  tiap komponennya  tidak dapat  berdiri sendiri,  melainkan  saling kait-mengkait ke arah tercapainya tujuan. Jika tujuan belum tercapai maka sistem tersebut perlu di ubah. Tujuan utama pembelajaran adalah  meningkatkan  keefektifan,  efisiensi,  dan  daya  tarik pembelajaran. Guna mencapai maksud tersebut, maka strategi yang perlu dilakukan  yaitu  melalui  penyediaan  dan  pemanfaatan  sumber-sumber  belajar  yang  diakui  sebagai  komponen  vital  dalam pembelajaran, salah satunya adalah pemanfaatan Multimedia dalam penyampaian materi pelajaran.
B. Tujuan Kegiatan.
Tujuan dari kegiatan ini adalah agar peserta pelatihan dapat mengembangkan rencana penerapan metode pembelajaran yang dapat dilaksanakan dengan efektif,  efisien,  dan  memiliki daya  tarik berkaitan dengan materi pelajaran yang akan di sampaikan dengan menggunakan sarana multimedia interaktif.
Memberikan tambahan wawasan baru kepada peserta tentang beragam metode pembelajaran yang dapat di terapkan dalam KBM dari yang selama ini telah dimiliki dan di praktekkan di lapangan.
C. Strategi Kegiatan
Agar materi yang disampaikan dapat diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar secara maksimal maka kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan cara tutorial dan di lanjutkan dengan praktik  secara individu atau kelompok sesuai dengan bidang studi dan jenjang pendidikan mengajar masing masing peserta.
D. Pendanaan
Kegiatan workshop ini dilaksanakan dengan menggunakan dana yang dikumpulkan dari peserta sebesar Rp. 75.000,- per orang dan sumbangan / bantuan dari donatur yang tidak mengikat.
E. Nara Sumber
TIM ICT IGI Kab. Kapuas
F. Pelaksana Kegiatan
Kegiatan lokakarya ini sepenuhnya dilaksanakan oleh guru – guru yang tergabung dalam wadah IGI Kabupaten Kapuas yang telah di tunjuk sebagai panitia pelaksana.
G. Peserta Kegiatan
Peserta kegiatan lokakarya ini adalah guru – guru yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas dari semua jenjang dan semua bidang studi yang berkenan mengikuti kegiatan di maksud dengan kapasitas 100 orang peserta.
H. Jadwal Kegiatan
Kegiatan ini direncanakan dilaksanakan pada :
Hari        : Minggu
Tanggal  : 18 Juli 2010
Tempat   : Aula Kantor PSNP Dinas Pendidikan Kab. Kapuas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: