h1

Belajar Di PLN

March 18, 2008

Program Akselerasi Tingkat SD Kabupaten Kapuas telah diresmikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas yang ditandatangani oleh Bapak Ir . RAMBATNO pada tanggal 25 Oktober 2003. Dan Pejabat Ketua Tim dari awal sampai sekarang adalah Bapak INDAN THOMAS ,S.Pd. dibantu oleh Ketua Komite yang pertama Bapak H. MIRANDA AS.

Program Kelas Unggulan Tingkat SD Jln. Kartini no :111 Kuala Kapuas sangat didukung oleh orang tua / wali murid yang anaknya ikut seta dalam Program tersebut .

Program ini telah diresmikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas yang ditanda tangani oleh :
1. Wakil Bupati Kapuas ( Bapak T. E. TOEPAK )
2. Kepala Dinas P dan K Kabupaten Kapuas ( Bapak Drs. Anthil S . Baron / NIP : 010 072 057 )
3. Dewan Pendidikan Kabupaten Kapuas (Bapak Donal Rumbon ,BA )

Dan yang hadir pada saat itu adalah :
1.Kepala Cabang Dinas P dan K Kecamatan Selat ( Bapak Mulyadi, S.Pd)
2. Seluruh orang tua wali murid Kelas Unggulan Kabupaten Kapuas
3. Kepala-Kepala Sekolah dan Guru-Guru yang diundang di Kecamatan Selat

Peresmian I (pertama) Program Akselerasi yang dilaksanakan pada tanggal 10 September 2003 di Gedung Sekolah Kelas Unggulan Kabupaten Kapuas dan Peresmian Program Kelas Unggulan pada tanggal 1 September 2005 disambut dengan antusias oleh seluruh orang tua wali murid yang hadir. Dan ini tahun ke IV (empat) yang meluluskan siswa berprestasi pada Kelas Unggulan Kabupaten Kapuas.

Murid yang belajar pada kelas Unggulan tidak pernah mengeluh dalam belajar, walaupun jam belajar cukup lama yaitu mulai pukul 7.00 s/d 14.15 ( pukul 2.15) siang mereka tetap tidak pernah merasa bosan dan tetap bersemangat.

Karena sitem belajar yang dilaksanakan adalah teori dan praktek di dalam kelas dan di lapangan selalu dilaksanakan oleh guru-guru bidang studi pada Kelas Unggulan. Misalkan seperti pelajaran I P A, I P S, PPKn, Agama, Matematika, Komputer, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Ketrampilan dan kesenian dan bidang studi ini yang di utamakan sekali oleh Kelas Unggulan.

Untuk Bidang studi I P A setelah belajar di ruang kelas anak-anak mengadakan praktek di luar kelas untuk membuktikan apa yang diajarkan di dalam kelas.

Misalnya Listrik praktek di kelas selanjutnya ke mengadakan kunjungan ke PLN Cabang Kapuas, yang baru-baru ini dilaksanakan seluruh siswa Kelas unggulan beserta Dewan Guru mendampingi siswa ke PLN untuk mengetahui tentang kelistrikan. Begitu juga seluruh bidang studi yang lainnya.

Kami dari kelas Unggulan sangat berterima kasih Kepada Kepala PLN Cabang Kapuas yang telah menerima siswa dan guru-guru untuk menyaksikan dan menjelaskan dengan rinci, apa listrik dan fungsinya untuk masyarakat.

Seluruh siswa puas dengan pelayanan dari pihak PLN Cabang Kapuas, serta mengizinkan untuk praktek dan menyaksikan setiap ruang yang ada hubungannya dengan listrik.

Begitu setiap bidang studi yang dilaksanakan di Kelas Unggulan. Antara lain murid kelas I mulai dilatih dan diajarkan komputer dan langsung praktek, demikian juga dengan Bahasa Inggris sehingga kelulusan mereka tidak diragukan lagi oleh orang tua wali murid.

Program Kelas Unggulan Kabupaten Kapuas, sudah mengarah kepada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang standart isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standart Kompetensi lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dengan Program ini timbul kesan anak-anak yang betul-betul dari lubuk hati mereka sebagai berikut :
Hai teman-teman, minggu yang lalu kami dari Program Kelas Unggulan Kabupaten Kapuas belajar tentang Listrik di PLN Cabang Kapuas. Kami datang kesana disambut seperti tamu terhormat.

Belajar di dalam kelas terus itukan membosankan, lagi pula kita di sekolah kan hanya bisa praktek dengan menggunakan baterai saja. Tetapi saat kami berkunjung ke PLN kami dikenalkan rangkaian listrik seri dan paralel dengan menggunakan listrik yang sebenarnya. Bukan hanya itu tapi kami bisa belajar tentang listrik dari Pembangkitnya hingga sampai ke rumah-rumah kita, bahaya dan manfaat Energi listrik , cara-cara menghemat listrik, mengapa listrik akhir-akhir ini sering padam, dan masih banyak yang lainya. Teman-teman, baru kami tahu bahwa menghemat listrk itu bukan hanya untuk menghemat uang saja tetapi kita juga berbagi Energi listrik kepada orang lain yang belum bisa menikmatinya.

Nah, mengasyikkan bukan belajar di Program Kelas Unggulan. Makanya bergabung deh dengan kami di Kelas Unggulan Kabupaten Kapuas.

Kami juga dapat info penting, bahwa PLN lagi berupaya keluar dari ketergantunganya terhadap minyak sebagai sumber energinya dan beralih ke sumber daya alam yang lebih murah. Jika hal itu terwujud mudah-mudahan kita juga kebagian Energi listrik yang lebih murah juga. Kita berdoa saja.

Kepada Pmpinan dan seluruh karyawan PLN Cabang Kapuas kami seluruh siswa Kelas Unggulan beserta Bapak Ketua TIM dan Dewan Guru mengucapkan ribuan terima kasih. Mudah-mudahan adik-adik kelas kami dan teman dari sekolah lain juga diperkenankan untuk belajar di PLN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: